UAS Sistem Informasi Manajemen

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

TAHUN AKDEMIK 2019/2020

 

Nama               : Riri Rahmadani

Nim                 : 191062018

Hari/Tanggal   : Rabu/ 22 Juli 2020

Dosen              : Dr. Edhy Sutanta, S. T., M. Kom

 

Sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat tersusun atas sub sistem pengolahan data yang dikembangkan sesuai dengan fungsi-fungsi yang ada di dalam organisasi. Berikan penjelasan yang lengkap terkait dengan contoh-contoh sub sistem pengolahan data berikut ini.

1.      Sistem Pengolahan Data Penerimaan Siswa Baru di BAA IST AKPRIND

1)      Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?

Pengguna yang dapat menggunakan sistem pada penerimaan siswa baru di IST AKPRIND adalah calon mahasiswa dan operator/administrator dari pihak kampus. Calon mahasiswa menggunakan sistem tersebut untuk mendaftar dan melihat informasi berkaitan dengan pendaftaran, sedangkan operator/administrator dari pihak kampus mengunakan sistem tersebut untuk mengolah data kelulusan calon mahasiswa.

2)      Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?

Data yang diperlukan oleh sistem adalah :

-          Tabel Login

Field

Type data

Keterangan

Id_user

Varchar (4)

Kode User

User

Varchar (8)

Username

Pass

Varchar (8)

Password

Nama

Varchar (50)

Nama User

Nik

Varchar (15)

Nomor induk karyawan

-          Tabel jurusan

Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi jurusan yang ditawarkan kampus dengan id_jur sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

Id_jur

Varchar (4)

Id jurusan

Kode_jur

Varchar (8)

Kode jurusan

Jurusan

Varchar (20)

Jurusan

-          Tabel gelombang

Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi gelombang yang tawarkan kampus dengan id_gel sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

Id_jur

Varchar (4)

Id jurusan

Id_gel

Varchar (8)

Kode Gelombang

Jns_gel

Varchar (20)

Jurusan

Tgl_awal

Date

Tanggal awal pendaftaran

Tgl_akhir

Date

Tanggal akhir pendaftaran

-          Tabel pendaftaran

Tabel digunakan untuk menapung data informasi pendaftaran yang ada pada sistem dengan pendaftaran sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

No_daftar

Varchar (20)

No_booking

Nama

Varchar (50)

Nama pendaftar

Alamat

Varchar (45)

Alamat pendaftar

Kode_jur

Varchar (5)

Jurusan yang diambil

Sekolah_asal

Varchar (40)

Sekolah asal

Tgl_daftar

Datetime

Tanggal pendaftar

Id_gel

Varchar (10)

Gelombang

Foto

Varchar (100)

Foto pendaftar

No_booking

Varchar (5)

Nomor booking

Biaya

Int(10)

Biaya

 

-          Tabel booking

Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi jurusan yang ada pada sistem dengan no_booking sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

no_booking

Varchar (20)

No_booking

Nama

Varchar (50)

Nama pendaftar

Alamat

Varchar (45)

Alamat pendaftar

Prov

Varchar (30)

Provinsi pendaftar

Kabupaten

Varchar (30)

Kabupaten pendaftar

Kodepos

Varchar (8)

Kode pos pendaftar

Telp

Varchar (30)

Telp pendaftar

Email

Varchar (20)

Email pendaftar

Kode_jur

Varchar (5)

Jurusan yang diambil

Sekolah_asal

Varchar (40)

Sekolah asal

Tgl_daftar

Datetime

Tanggal daftar

Id_gel

Varchar (8)

Gelombang pendaftaran

Foto

Varchar (100)

Foto pendaftar

-          Tabel informasi

Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dan pengolahan data oleh adiministrator dengan berita sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

Id_informasi

Varchar (8)

Id_user

Judul

Text

Judul  informasi

Tanggal

Date

Tanggal informasi

Sinopsis

Text

Sinopsis

Isi_informasi

Text

Isi informasi

Foto

Varchar (100)

Foto

 

3)      Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?

Otput yang disediakan oleh sistem adalah form pendaftaran atau implementasi antar muka siswa baru, dimana pada form tersebut mengharuskan calon siswa baru mengisi data sesuai yang diinginkan oleh pihak kampus, sehingga akhirnya pihak kampus bisa mengetahui implementasi daftar pendaftar yang berisi data-data diri, jurusan yang dipilih, gelombang pendaftaran dan lainnya dari pelamar/pendaftar.

2.      Sistem Pengolahan Data Pelayanan Akademik di BAA IST AKPRIND

1)   Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?

Pengguna yang dapat menggunakan sistem ini adalah sistem pada pelayanan akademik di BAA IST AKPRIND adalah mahasiswa, dosen dan operator BAA. Mahasiswa menggunakan sistem tersebut untuk administrasi kampus yang berkaitan dengan matakuliah/KRS, dan dosen menggunakan sistem tersebut untuk memberikan matakuliah yang ditawarkan serta jadwal dan lainnya. Operator menggunakan sistem tersebut untuk pengecekan KRS siswa dan matakuliah yang diberikan dosen. Dimana pada sistem BAA di IST AKPRIND mengharuskan siswa untuk mendapatkan pin dari pihak BAA dan pihak dosen wali agar siswa bisa login ke portal akademik kampus, dimana pada portal tersebut siswa bisa mengisi KRS, melihat LHS dan persentase kehadiran,

2)   Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?

Data yang diperlukan oleh sistem adalah:

a)      Tabel Login

Pada tabel login operator dan dosen berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Id_user

Varchar (4)

Kode User

User

Varchar (8)

Username

Pass

Varchar (8)

Password

Nama

Varchar (50)

Nama User

Nik

Varchar (15)

Nomor induk karyawan

     

      Pada tabel login mahasiswa:

Field

Type data

Keterangan

Nim_mhs

Varchar (10)

Nim mahasiswa

pass

Varchar (8)

password

 

b)      Tabel mahasiswa

Pada tabel mahasiswa berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Nim_mhs

Varchar (10)

Nim mahasiswa

Nama_mhs

Varchar (50)

Nama mahasiswa

Fak

Varchar (25)

Fakultas

Prodi

Varchar (25)

Prodi

Jenjang

Varchar (4)

Jenjang

Dsn_wali

Varchar (50)

Nama dosen wali

 

c)   Tabel dosen

Pada tabel dosen berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Kd_dsn

Varchar (10)

Kode dosen

Nama_dsn

Varchar (50)

Nama dosen

 

d)  Tabel matakuliah

Pada tabel matakuliah berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Kd_mk

Varchar (10)

Kode matakuliah

Nama_mk

Varchar (50)

Nama matakuliah

SKS

Varchar (4)

SKS

Semester

Varchar (3)

Prodi

 

e)   Tabel mengambil

Pada tabel mengambil berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Nim_mhs

Varchar (10)

Nim mahasiswa

Kd_mk

Varchar (10)

Kode dosen

Nilai

Varchar (4)

Nilai

 

f)    Tabel mengajar

Pada tabel mengajar berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Kd_dosen

Varchar (10)

Kode dosen

Kd_mk

Varchar (10)

Kode matakuliah

Ruang

Varchar (4)

Ruangan

Waktu

Date

Tanggal

Kelas

Varchar (4)

Kelas

 

g)      Tabel informasi

Pada tabel informasi berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Id_informasi

Varchar (8)

Id_user

Judul

Text

Judul  informasi

Tanggal

Date

Tanggal informasi

Sinopsis

Text

Sinopsis

Isi_informasi

Text

Isi informasi

 

3)   Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?

Output yang disediakan oleh sistem adalah KRS siswa yang telah tersusun lengkap dengan informasi siswa berupa nim, nama, fakultas/prodi/jengang beserta dosen walinya sedangkan untuk daftar matakuliah yang dipilih berupa kode matakuliah, nama matakuliah, sks, semester, kelas, dosen dan jadwalnya.

3.      Sistem Penolahan Data Perpustakaan di IST AKPRIND

1)      Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?

Pengguna yang dapat menggunakan sistem perpustakaan di IST AKPRIND adalah anggota perpustakaan (meliputi mahasiswa dan dosen) dan oprator perpustakaan.

2)      Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?

Data yang diperlukan oleh sistem adalah:

a)      Tabel Login

Pada tabel login operator berisikan data tentang:

Field

Type data

Keterangan

Id_user

Varchar (4)

Kode User

User

Varchar (8)

Username

Pass

Varchar (8)

Password

Nama

Varchar (50)

Nama User

Nik

Varchar (15)

Nomor induk karyawan

      Pada tabel login anggota (mahasiswa/dosen):

Field

Type data

Keterangan

Nim_mhs/kd_dosen

Varchar (10)

Nim mahasiswa/kode dosen

pass

Varchar (15)

password

 

b)      Tabel anggota

Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_anggota sebagai primary key nya.

Untuk mahasiswa:

Field

Type data

Keterangan

No_anggota

Varchar (10)

Nomor anggota

Nama

Varchar (50)

Nama anggota

Nim_mhs

Varchar (10)

Nim mahasiswa

Fak

Varchar (25)

Fakultas

Prodi

Varchar (25)

Prodi

Jenjang

Varchar (4)

Jenjang

Alamat

Text

Alamat

Status

Varchar (20)

Status anggota (pinjam,baru, dsb)

 

Untuk dosen:

Field

Type data

Keterangan

No_anggota

Varchar (10)

Nomor anggota

Nama

Varchar (50)

Nama dosen

Kd_dosen

Varchar (10)

Kode dosen

Alamat

Text

Alamat

Status

Varchar (20)

Status anggota (pinjam,baru, dsb)

 

c)      Tabel buku

Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_buku sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

No_buku

Varchar (10)

Nomor buku

Judul

Varchar (50)

Judul buku

Pengarang

Varchar (30)

Pengarang buku

Jns_buku

Varchar (25)

Jenis buku

Penerbit

Varchar (30)

Penerbit buku

Thn_terbit

Varchar (4)

Tahun terbit buku

Stat_buku

Varchar (15)

Status buku

 

d)     Tabel peminjaman serta pengembalian

Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_anggota dan no_buku sebagai primary key nya.

Field

Type data

Keterangan

No_anggota

Varchar (10)

Nomor anggota

Nama

Varchar (50)

Nama anggota

No_buku

Varchar (10)

Nomor buku

Judul

Varchar (50)

Judul buku

Pengarang

Varchar (30)

Pengarang buku

Tgl_pinjaman

Date/time (8)

Tanggal pinjaman

Tgl_habis

Date/time (8)

Tanggal batas pengembalian

Tgl_kembali

Date/time (8)

Tanggal pengembalian buku

Denda

Currency

Besar denda yang harus dibayar

Status

Varchar (20)

Status anggota (pinjam,baru, dsb)

 

3)      Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?

Output yang disediakan oleh sistem berupa laporan anggota perpustakaan, laoran daftar buku, laporan peminjaman, laporan pengembalian serta laporan tentang denda bagi yang terlambat mengembalikan sesuai batas waktu yang telah ditentukan oleh pihak perpustakaan.

 

4.      Saat Ini Tersedia Berbagai Sistem/Aplikasi Terkait COVID-19

1)      Temukan salah satu sistem/aplikasi yang ada, sebutkan apasaja nama sistem/aplikasi yang Anda temukan.

Jawab : Nama aplikasi yang saya temukan salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi, dimana aplikasi ini merupakan besutan kominfo untuk melacak pergerakan/sebaran virus Corona (COVID-19)

2)      Untuk salah satu aplikasi yang Anda pilih, tuliskan masukkan/saran/ide terkait apa yang bisa dilakukan untuk pemyempurnaan sistem/aplikasi tersebut.

Jawab : Saya tidak menggunakan aplikasi apapun terkait COVID-19 karena ditempat saya tinggal termasuk daerah yang tidak padat penduduk serta akses keluar masuk daerah yang sangat ketat penjagaannya, sejauh ini tidak ada masyarakat dilingkungan saya yang terjangkit COVID-19. Karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut, jadi masukkan/saran/ide yang saya berikan berdasarkan review pengguna aplikasi PeduliLindungi di platform google playstore. Dibagian ulasan masih banyak pengguna aplikasi memberikan rating rendah dan komen dari masyarakat umumnya tentang tidak keakuratan informasi yang diberikan seperti data zona tiap daerah yang tidak update. Dibagian ulasan, pengguna aplikasi juga memberikan keluhan tidak bisanya aplikasi terkoneksi ke jaringan, dan ada beberapa smartphone yang tidak bisa mendownload aplikasi tersebut.

Berdasarkan keluhan yang ada di platform google plyastore, saya hanya memberikan saran agar kinerja dari aplikasi tersebut lebih ditingkatkan lagi dari segi keakuratan data maupun dalam segi penggunaan aplikasi, karena dengan adanya aplikasi ini bisa membantu masyarakat mengetahui zona penyebaran COVID. Pada aplikasi ini juga bisa ditambahkan QR Code seperti aplikasi yang ada di Korea Selatan, dimana setiap masyarakat yang mengunjungi suatu tempat seperti toko, supermarket, tempat ibadah dan tempat lainnya harus memindai QR Code dibagian pintu masuk, ini sangat berfungsi untuk mencatat informasi perjalanan seseorang agar mempermudah pemerintah melacak riwayat perjalanan orang tersebut jika dia terkena COVID atau kontak langsung dengan pasien COVID.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kardinalitas

Tugas 2 Sistem Informasi Manajemen