UAS Sistem Informasi Manajemen
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN AKDEMIK 2019/2020
Nama : Riri Rahmadani
Nim : 191062018
Hari/Tanggal : Rabu/ 22 Juli 2020
Dosen : Dr. Edhy Sutanta, S. T., M. Kom
Sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat tersusun atas sub sistem pengolahan data yang dikembangkan sesuai dengan fungsi-fungsi yang ada di dalam organisasi. Berikan penjelasan yang lengkap terkait dengan contoh-contoh sub sistem pengolahan data berikut ini.
1. Sistem Pengolahan Data Penerimaan Siswa Baru di BAA IST AKPRIND
1) Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?
Pengguna yang dapat menggunakan sistem pada penerimaan siswa baru di IST AKPRIND adalah calon mahasiswa dan operator/administrator dari pihak kampus. Calon mahasiswa menggunakan sistem tersebut untuk mendaftar dan melihat informasi berkaitan dengan pendaftaran, sedangkan operator/administrator dari pihak kampus mengunakan sistem tersebut untuk mengolah data kelulusan calon mahasiswa.
2) Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?
Data yang diperlukan oleh sistem adalah :
- Tabel Login
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_user |
Varchar (4) |
Kode User |
|
User |
Varchar (8) |
Username |
|
Pass |
Varchar (8) |
Password |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama User |
|
Nik |
Varchar (15) |
Nomor induk karyawan |
- Tabel jurusan
Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi jurusan yang ditawarkan kampus dengan id_jur sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_jur |
Varchar (4) |
Id jurusan |
|
Kode_jur |
Varchar (8) |
Kode jurusan |
|
Jurusan |
Varchar (20) |
Jurusan |
- Tabel gelombang
Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi gelombang yang tawarkan kampus dengan id_gel sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_jur |
Varchar (4) |
Id jurusan |
|
Id_gel |
Varchar (8) |
Kode Gelombang |
|
Jns_gel |
Varchar (20) |
Jurusan |
|
Tgl_awal |
Date |
Tanggal awal pendaftaran |
|
Tgl_akhir |
Date |
Tanggal akhir pendaftaran |
- Tabel pendaftaran
Tabel digunakan untuk menapung data informasi pendaftaran yang ada pada sistem dengan pendaftaran sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
No_daftar |
Varchar (20) |
No_booking |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama pendaftar |
|
Alamat |
Varchar (45) |
Alamat pendaftar |
|
Kode_jur |
Varchar (5) |
Jurusan yang diambil |
|
Sekolah_asal |
Varchar (40) |
Sekolah asal |
|
Tgl_daftar |
Datetime |
Tanggal pendaftar |
|
Id_gel |
Varchar (10) |
Gelombang |
|
Foto |
Varchar (100) |
Foto pendaftar |
|
No_booking |
Varchar (5) |
Nomor booking |
|
Biaya |
Int(10) |
Biaya |
- Tabel booking
Tabel ini digunakan untuk menampung data informasi jurusan yang ada pada sistem dengan no_booking sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
no_booking |
Varchar (20) |
No_booking |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama pendaftar |
|
Alamat |
Varchar (45) |
Alamat pendaftar |
|
Prov |
Varchar (30) |
Provinsi pendaftar |
|
Kabupaten |
Varchar (30) |
Kabupaten pendaftar |
|
Kodepos |
Varchar (8) |
Kode pos pendaftar |
|
Telp |
Varchar (30) |
Telp pendaftar |
|
|
Varchar (20) |
Email pendaftar |
|
Kode_jur |
Varchar (5) |
Jurusan yang diambil |
|
Sekolah_asal |
Varchar (40) |
Sekolah asal |
|
Tgl_daftar |
Datetime |
Tanggal daftar |
|
Id_gel |
Varchar (8) |
Gelombang pendaftaran |
|
Foto |
Varchar (100) |
Foto pendaftar |
- Tabel informasi
Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dan pengolahan data oleh adiministrator dengan berita sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_informasi |
Varchar (8) |
Id_user |
|
Judul |
Text |
Judul informasi |
|
Tanggal |
Date |
Tanggal informasi |
|
Sinopsis |
Text |
Sinopsis |
|
Isi_informasi |
Text |
Isi informasi |
|
Foto |
Varchar (100) |
Foto |
3) Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?
Otput yang disediakan oleh sistem adalah form pendaftaran atau implementasi antar muka siswa baru, dimana pada form tersebut mengharuskan calon siswa baru mengisi data sesuai yang diinginkan oleh pihak kampus, sehingga akhirnya pihak kampus bisa mengetahui implementasi daftar pendaftar yang berisi data-data diri, jurusan yang dipilih, gelombang pendaftaran dan lainnya dari pelamar/pendaftar.
2. Sistem Pengolahan Data Pelayanan Akademik di BAA IST AKPRIND
1) Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?
Pengguna yang dapat menggunakan sistem ini adalah sistem pada pelayanan akademik di BAA IST AKPRIND adalah mahasiswa, dosen dan operator BAA. Mahasiswa menggunakan sistem tersebut untuk administrasi kampus yang berkaitan dengan matakuliah/KRS, dan dosen menggunakan sistem tersebut untuk memberikan matakuliah yang ditawarkan serta jadwal dan lainnya. Operator menggunakan sistem tersebut untuk pengecekan KRS siswa dan matakuliah yang diberikan dosen. Dimana pada sistem BAA di IST AKPRIND mengharuskan siswa untuk mendapatkan pin dari pihak BAA dan pihak dosen wali agar siswa bisa login ke portal akademik kampus, dimana pada portal tersebut siswa bisa mengisi KRS, melihat LHS dan persentase kehadiran,
2) Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?
Data yang diperlukan oleh sistem adalah:
a) Tabel Login
Pada tabel login operator dan dosen berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_user |
Varchar (4) |
Kode User |
|
User |
Varchar (8) |
Username |
|
Pass |
Varchar (8) |
Password |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama User |
|
Nik |
Varchar (15) |
Nomor induk karyawan |
Pada tabel login mahasiswa:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Nim_mhs |
Varchar (10) |
Nim mahasiswa |
|
pass |
Varchar (8) |
password |
b) Tabel mahasiswa
Pada tabel mahasiswa berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Nim_mhs |
Varchar (10) |
Nim mahasiswa |
|
Nama_mhs |
Varchar (50) |
Nama mahasiswa |
|
Fak |
Varchar (25) |
Fakultas |
|
Prodi |
Varchar (25) |
Prodi |
|
Jenjang |
Varchar (4) |
Jenjang |
|
Dsn_wali |
Varchar (50) |
Nama dosen wali |
c) Tabel dosen
Pada tabel dosen berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Kd_dsn |
Varchar (10) |
Kode dosen |
|
Nama_dsn |
Varchar (50) |
Nama dosen |
d) Tabel matakuliah
Pada tabel matakuliah berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Kd_mk |
Varchar (10) |
Kode matakuliah |
|
Nama_mk |
Varchar (50) |
Nama matakuliah |
|
SKS |
Varchar (4) |
SKS |
|
Semester |
Varchar (3) |
Prodi |
e) Tabel mengambil
Pada tabel mengambil berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Nim_mhs |
Varchar (10) |
Nim mahasiswa |
|
Kd_mk |
Varchar (10) |
Kode dosen |
|
Nilai |
Varchar (4) |
Nilai |
f) Tabel mengajar
Pada tabel mengajar berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Kd_dosen |
Varchar (10) |
Kode dosen |
|
Kd_mk |
Varchar (10) |
Kode matakuliah |
|
Ruang |
Varchar (4) |
Ruangan |
|
Waktu |
Date |
Tanggal |
|
Kelas |
Varchar (4) |
Kelas |
g) Tabel informasi
Pada tabel informasi berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_informasi |
Varchar (8) |
Id_user |
|
Judul |
Text |
Judul informasi |
|
Tanggal |
Date |
Tanggal informasi |
|
Sinopsis |
Text |
Sinopsis |
|
Isi_informasi |
Text |
Isi informasi |
3) Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?
Output yang disediakan oleh sistem adalah KRS siswa yang telah tersusun lengkap dengan informasi siswa berupa nim, nama, fakultas/prodi/jengang beserta dosen walinya sedangkan untuk daftar matakuliah yang dipilih berupa kode matakuliah, nama matakuliah, sks, semester, kelas, dosen dan jadwalnya.
3. Sistem Penolahan Data Perpustakaan di IST AKPRIND
1) Sebutkan siapa saja pengguna yang dapat menggunakan sistem?
Pengguna yang dapat menggunakan sistem perpustakaan di IST AKPRIND adalah anggota perpustakaan (meliputi mahasiswa dan dosen) dan oprator perpustakaan.
2) Data apa saja yang diperlukan oleh sistem?
Data yang diperlukan oleh sistem adalah:
a) Tabel Login
Pada tabel login operator berisikan data tentang:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Id_user |
Varchar (4) |
Kode User |
|
User |
Varchar (8) |
Username |
|
Pass |
Varchar (8) |
Password |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama User |
|
Nik |
Varchar (15) |
Nomor induk karyawan |
Pada tabel login anggota (mahasiswa/dosen):
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
Nim_mhs/kd_dosen |
Varchar (10) |
Nim mahasiswa/kode dosen |
|
pass |
Varchar (15) |
password |
b) Tabel anggota
Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_anggota sebagai primary key nya.
Untuk mahasiswa:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
No_anggota |
Varchar (10) |
Nomor anggota |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama anggota |
|
Nim_mhs |
Varchar (10) |
Nim mahasiswa |
|
Fak |
Varchar (25) |
Fakultas |
|
Prodi |
Varchar (25) |
Prodi |
|
Jenjang |
Varchar (4) |
Jenjang |
|
Alamat |
Text |
Alamat |
|
Status |
Varchar (20) |
Status anggota (pinjam,baru, dsb) |
Untuk dosen:
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
No_anggota |
Varchar (10) |
Nomor anggota |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama dosen |
|
Kd_dosen |
Varchar (10) |
Kode dosen |
|
Alamat |
Text |
Alamat |
|
Status |
Varchar (20) |
Status anggota (pinjam,baru, dsb) |
c) Tabel buku
Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_buku sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
No_buku |
Varchar (10) |
Nomor buku |
|
Judul |
Varchar (50) |
Judul buku |
|
Pengarang |
Varchar (30) |
Pengarang buku |
|
Jns_buku |
Varchar (25) |
Jenis buku |
|
Penerbit |
Varchar (30) |
Penerbit buku |
|
Thn_terbit |
Varchar (4) |
Tahun terbit buku |
|
Stat_buku |
Varchar (15) |
Status buku |
d) Tabel peminjaman serta pengembalian
Tabel ini digunakan untuk menampung informasi berita yang ada pada sistem dengan no_anggota dan no_buku sebagai primary key nya.
|
Field |
Type data |
Keterangan |
|
No_anggota |
Varchar (10) |
Nomor anggota |
|
Nama |
Varchar (50) |
Nama anggota |
|
No_buku |
Varchar (10) |
Nomor buku |
|
Judul |
Varchar (50) |
Judul buku |
|
Pengarang |
Varchar (30) |
Pengarang buku |
|
Tgl_pinjaman |
Date/time (8) |
Tanggal pinjaman |
|
Tgl_habis |
Date/time (8) |
Tanggal batas pengembalian |
|
Tgl_kembali |
Date/time (8) |
Tanggal pengembalian buku |
|
Denda |
Currency |
Besar denda yang harus dibayar |
|
Status |
Varchar (20) |
Status anggota (pinjam,baru, dsb) |
3) Luaran/output informasi apa saja yang disediakan oleh sistem?
Output yang disediakan oleh sistem berupa laporan anggota perpustakaan, laoran daftar buku, laporan peminjaman, laporan pengembalian serta laporan tentang denda bagi yang terlambat mengembalikan sesuai batas waktu yang telah ditentukan oleh pihak perpustakaan.
4. Saat Ini Tersedia Berbagai Sistem/Aplikasi Terkait COVID-19
1) Temukan salah satu sistem/aplikasi yang ada, sebutkan apasaja nama sistem/aplikasi yang Anda temukan.
Jawab : Nama aplikasi yang saya temukan salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi, dimana aplikasi ini merupakan besutan kominfo untuk melacak pergerakan/sebaran virus Corona (COVID-19)
2) Untuk salah satu aplikasi yang Anda pilih, tuliskan masukkan/saran/ide terkait apa yang bisa dilakukan untuk pemyempurnaan sistem/aplikasi tersebut.
Jawab : Saya tidak menggunakan aplikasi apapun terkait COVID-19 karena ditempat saya tinggal termasuk daerah yang tidak padat penduduk serta akses keluar masuk daerah yang sangat ketat penjagaannya, sejauh ini tidak ada masyarakat dilingkungan saya yang terjangkit COVID-19. Karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut, jadi masukkan/saran/ide yang saya berikan berdasarkan review pengguna aplikasi PeduliLindungi di platform google playstore. Dibagian ulasan masih banyak pengguna aplikasi memberikan rating rendah dan komen dari masyarakat umumnya tentang tidak keakuratan informasi yang diberikan seperti data zona tiap daerah yang tidak update. Dibagian ulasan, pengguna aplikasi juga memberikan keluhan tidak bisanya aplikasi terkoneksi ke jaringan, dan ada beberapa smartphone yang tidak bisa mendownload aplikasi tersebut.
Berdasarkan keluhan yang ada di platform google plyastore, saya hanya memberikan saran agar kinerja dari aplikasi tersebut lebih ditingkatkan lagi dari segi keakuratan data maupun dalam segi penggunaan aplikasi, karena dengan adanya aplikasi ini bisa membantu masyarakat mengetahui zona penyebaran COVID. Pada aplikasi ini juga bisa ditambahkan QR Code seperti aplikasi yang ada di Korea Selatan, dimana setiap masyarakat yang mengunjungi suatu tempat seperti toko, supermarket, tempat ibadah dan tempat lainnya harus memindai QR Code dibagian pintu masuk, ini sangat berfungsi untuk mencatat informasi perjalanan seseorang agar mempermudah pemerintah melacak riwayat perjalanan orang tersebut jika dia terkena COVID atau kontak langsung dengan pasien COVID.
Komentar
Posting Komentar