UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

UJIAN TENGAH SEMESTER
 
Nama                        : Riri Rahmadani
Nim                           : 191062018
Mata Ujian               : Sistem Informasi Manajemen
Program Studi        : Statistika (S-1)
Hari/Tanggal          : Senin/4 Mei 2020
Sifat                           : Buku Terbuka
Ruang                        : Take Home
Dosen                        : Dr. Edhy Sutanta, S. T., M.Kom
SOAL BAGIAN PERTAMA:
Model umum pengolahan data dalam SIM dapat digambarkan sebagai berikut:







Mengacu pada model di atas dan dengan menggunakan contoh Istitusi Perguruan Tinggi IST AKPRIND Yogyakarta, berikan penjelasan secara lengkap tenteng hal-hal berikut ini: 
1.      Untuk Sistem Informasi Perguruan Tinggi, 
 1)     Apa saja input, proses, informasi, dan database yang diperlukan? 
Jawab: input: data akademik, data pustaka, data alumni, data beasiswa, data riset, data asset, data keuangan, data SDM, data kepegawaian dan lain-lain
Proses : tersedia, terdapat
Informasi: didapatkan informasi mengenai perguruan tinggi mulai dari infomasi mengenai kampus, informasi dosen dan pegawai lainnya, informasi beasiswa, informasi alumni, informasi berkaitan dengan akademik, informasi tentang asset kampus dan masih banyak informasi lainnya.
Database: file akademik, file pegawai, file keuangan, file asset, file alumni, file pustaka dan lainnya.
2)   Bagaimana proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab: proses yang dilakukan adalah dengan hubungkan atau relasi data yang yang ditunjukkan dengan kunci (key). contoh pada data akademik #kd_jur, kd_dosen, kd_matkul. Contoh pada data dosen #kd_dosen, nama_dosen, dan lain-lain.
2.      Untuk Sistem Informasi Akademik, 
1)     Apa saja input, proses, informasi, dan database yang diperlukan?
Jawab: input : data mahasiswa, data dosen, data matakuliah
Proses : mengambil dan mengajar
Informasi: dapat diperoleh informasi tentang mahasiswa yang mengambil suatu matakuliah yang diajar oleh dosen yang telah ditentukan.
Database: file mahasiswa, file dosen, file matakuliah, file jurusan, tabel jadwal
2)    Bagaimana proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab: proses yang dilakukan adalah dengan hubungkan atau relasi data yang yang ditunjukkan dengan kunci (key) contoh pada data mahasiswa #nim_mhs, nama_mhs, alamat. Pada data dosen #kode dosen, nama_dosen, alamat, no_hp. Pada matakuliah #kode_mk, nama_mk, sks.
3.      Untuk Sistem Informasi Perpustakaan, 
1)     Apa saja input, proses, informasi, dan database yang diperlukan?
Jawab: input : data mahasiswa, data buku
Proses : meminjam dan mengembalikan
Informasi: dapat diperoleh informasi tentang mahasiswa yang meminjam buku tertentu dan tertera jadwal pengembalian buku tersebut.
Database : file mahasiswa, file buku, file peminjaman 
2)     Bagaimana proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab: proses yang dilakukan denga hubungkan atau relasi yang ditunjukkan dengan kata kunci (key) contoh pada data mahsiswa 3nim_mhs, nama_mhs, alamat, jurusan, tahun_masuk. Pada data buku #no_buku, judul, pengarang, tahun_terbit, jenis_buku, status. Pada file peminjaman #no_pinjaman, nim, no_buku, tgl_pinjaman, tgl_kembali.
4.      Untuk Sistem Informasi Akademik, 
1)     Sebutkan 3 contoh data yang diperlukan sebagai input
Jawab: 3 contoh data yang diperlukan sebagai input untuk system informasi akdemik adalah data mahasiswa, data dosen, dan data matakuliah 
2)     Sebutkan 3 contoh informasi sebagai hasil dari pengolahan data tersebut
Jawab: Data mahasiswa diperoleh informasi nama mahasiswa, nim, jenis kelamin, alamat, dan no HP. Data dosen diperoleh informasi nama dosen, kode dosen, alamat, dan no HP. Data matakuliah diperoleh informasi kode matakuliah, nama matakuliah, kode dosen, dan SKS 
3)    Untuk masing-masing contoh data dan informasi tersebut, jelaskan bagaimana proses yang dilakukan
Jawab: Proses yang dilakukan dengan menjadikan data mahasiswa, data dosen dan data matakuliah sebagai input dan dilakukan proses/pengolahan data dengan merelasikan dengan key dari tiap file yang ada sehingga dihasilkan informasi mahasiswa (misal: Ani), mengambil matakuliah (misal: SIM), dosen pengampu (misal: Edhy Sutanta)
5.   Proses Manajemen terdiri atas 3 tingkatan yaitu top level, middle level, dan low level. Berikan penjelasan perbedaa apa saja yang diperlukan pada informasi untuk masing-masing level tersebut pada Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi
Jawab: Top level manajemen adalah manjemen tingkat teratas dalam pengelompokkan level manajemen system informasi yang menentukan rencana, tujuan serta kebijakan terkait pengembangan perguruan tinggi yang mempunyai wewenang serta tanggungjawab yang maksimal. Middle level manajemen merupakan tingkat menengah dalam pengelompokkan level manajemen sistem informasi yang memiliki pergerakan sebagai operator, connector, dan accelator yang bergerak pada bidang-bidang tertentu. Manajemen menengah ini bertanggungjawab atas pelaksanaan yang sudah ditentukan oleh top manajemen. Low level manajemen merupakan manajemen tingkat bawah dalam sistem informasi yang memiliki peranan penting sebagai generator penggerak, penyuplai dan spirit serta memimpin para staff lain dalam menjalankan tugas sesuai bidang masing-masing.
SOAL BAGIAN KEDUA:
6.      Terkait kondisi Pandemi COVID-19, tuliskan ide Anda, system informasi seperti apa yang semestinya dibutuhkan namun belum tersedia saat ini.
Jawab:  Terkait kondisi pandemi COVID-19 banyak aktivitas warga yang terhenti akibat diberlakukannya social distanding bahkan PSBB. Karena hal tersebut, orang-orang yang berperan sebagai kepala keluarga/pencari nafkah juga harus terpaksa berhenti dari pekerjaannya, akibatnya kebutuhan sehari-hari mereka tidak bisa terpenuhi. Peran pemerintah serta orang-orang yang berstatus ekonomi berkecukupan yang peduli terhadap mereka yang terkena dampak dengan memberikan bantuan berupa sembako, uang dan lain-lain, tetapi pemberian bantuan tersebut tidak merata karena kurangnya informasi antara penerima dan pemberi bantuan. Oleh sebab itu, menurut saya peran sistem informasi sangat penting disini. Contohnya, jika pemerintah/organisasi/lembaga tertentu ingin memberikan bantuan, informasinya harus terbuka dan bisa diakses oleh semua orang tanpa terkecuali agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Misalnya informasi berupa jenis bantuan yang diberikan apakah berupa uang (terakan nominalnya) atau sembako (jabarkan apasaja jenisnya) untuk menghindari penyelewengan dana bantuan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Informasi lainnya seperti  daftar penerima bantuan seandainya ada orang yang belum terdaftar dan layak untuk menerima bantuan bisa kehalaman pengaduan agar ditangani kembali oleh pihak pemberi bantuan. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bersifat sangat fatal seperti ada masyarakat yang meninggal karena kelaparan atau bahkan memilih bunuh diri karena permasalahan perekonomian padahal ada banyak jenis bantuan yang diberikan walaupun semua tidak dari pemerintah seperti penggalangan dari influencer/organisasi/dan lain-lain (tadi malam saya nonton video story wa temen tentang satu keluarga yang bunuh diri karena kelaparan, kan sedihh :((
7.      Terkait kondisi Pandemi COVID-19, tuliskan kegiatan/aktivitas/peran apa saja yang telah Anda lakukan.
Jawab: kegiatan/aktivitas/peran yang telah saya lakukan selama pandemi COVID-19 adalah dengan menaati aturan pemerintah agar selalu stay at home dan menjalankan karantina sesuai ketentuan yang berlaku karena saya mudik dan termasuk ODP sampai dinyatakan selesai karantina oleh pihak puskesmas, keluar rumah  kalau ada keperluan yang sangat penting aja yang pasti menggunakan masker, dan mengingatkan orang-orang agar selalu waspada terutama orang terdekat seperti keluarga dan tetangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kardinalitas

Tugas 2 Sistem Informasi Manajemen

UAS Sistem Informasi Manajemen