UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
UJIAN TENGAH
SEMESTER
Nama : Riri Rahmadani
Nim : 191062018
Mata Ujian :
Sistem Informasi Manajemen
Program Studi : Statistika (S-1)
Hari/Tanggal : Senin/4 Mei 2020
Sifat :
Buku Terbuka
Ruang :
Take Home
Dosen :
Dr. Edhy Sutanta, S. T., M.Kom
SOAL BAGIAN
PERTAMA:
Model umum pengolahan data dalam SIM dapat
digambarkan sebagai berikut:
Mengacu pada model di atas dan dengan menggunakan contoh Istitusi Perguruan Tinggi IST AKPRIND Yogyakarta, berikan penjelasan secara lengkap tenteng hal-hal berikut ini:
1. Untuk Sistem Informasi Perguruan Tinggi,
1) Apa saja
input, proses, informasi, dan database yang diperlukan?
Jawab: input:
data akademik, data pustaka, data alumni, data beasiswa, data riset, data
asset, data keuangan, data SDM, data kepegawaian dan lain-lain
Proses : tersedia, terdapat
Informasi:
didapatkan informasi mengenai perguruan tinggi mulai dari infomasi mengenai
kampus, informasi dosen dan pegawai lainnya, informasi beasiswa, informasi
alumni, informasi berkaitan dengan akademik, informasi tentang asset kampus dan
masih banyak informasi lainnya.
Database:
file akademik, file pegawai, file keuangan, file asset, file alumni, file
pustaka dan lainnya.
2) Bagaimana
proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab:
proses
yang dilakukan adalah dengan hubungkan atau relasi data yang yang
ditunjukkan
dengan kunci (key). contoh pada data akademik #kd_jur, kd_dosen,
kd_matkul. Contoh pada data dosen #kd_dosen, nama_dosen, dan lain-lain.
2. Untuk Sistem
Informasi Akademik,
1) Apa saja
input, proses, informasi, dan database yang diperlukan?
Jawab: input
: data mahasiswa, data dosen, data matakuliah
Proses : mengambil
dan mengajar
Informasi: dapat
diperoleh informasi tentang mahasiswa yang mengambil suatu matakuliah yang
diajar oleh dosen yang telah ditentukan.
Database:
file mahasiswa, file dosen, file matakuliah, file jurusan, tabel jadwal
2) Bagaimana
proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab: proses
yang dilakukan adalah dengan hubungkan atau relasi data yang yang ditunjukkan
dengan kunci (key) contoh pada data mahasiswa #nim_mhs, nama_mhs, alamat. Pada
data dosen #kode dosen, nama_dosen, alamat, no_hp. Pada matakuliah #kode_mk,
nama_mk, sks.
3. Untuk Sistem
Informasi Perpustakaan,
1) Apa saja
input, proses, informasi, dan database yang diperlukan?
Jawab: input
: data mahasiswa, data buku
Proses : meminjam
dan mengembalikan
Informasi:
dapat diperoleh informasi tentang mahasiswa yang meminjam buku tertentu dan
tertera jadwal pengembalian buku tersebut.
Database :
file mahasiswa, file buku, file peminjaman
2) Bagaimana
proses input, proses, informasi, dan database yang dilakukan /terjadi?
Jawab:
proses yang dilakukan denga hubungkan atau relasi yang ditunjukkan dengan kata
kunci (key) contoh pada data mahsiswa 3nim_mhs, nama_mhs, alamat, jurusan,
tahun_masuk. Pada data buku #no_buku, judul, pengarang, tahun_terbit,
jenis_buku, status. Pada file peminjaman #no_pinjaman, nim, no_buku, tgl_pinjaman,
tgl_kembali.
4. Untuk Sistem
Informasi Akademik,
1) Sebutkan 3
contoh data yang diperlukan sebagai input
Jawab: 3
contoh data yang diperlukan sebagai input untuk system informasi akdemik adalah
data mahasiswa, data dosen, dan data matakuliah
2) Sebutkan 3
contoh informasi sebagai hasil dari pengolahan data tersebut
Jawab: Data
mahasiswa diperoleh informasi nama mahasiswa, nim, jenis kelamin, alamat, dan
no HP. Data dosen diperoleh informasi nama dosen, kode dosen, alamat, dan no
HP. Data matakuliah diperoleh informasi kode matakuliah, nama matakuliah, kode
dosen, dan SKS
3) Untuk
masing-masing contoh data dan informasi tersebut, jelaskan bagaimana proses
yang dilakukan
Jawab:
Proses yang dilakukan dengan menjadikan data mahasiswa, data dosen dan data
matakuliah sebagai input dan dilakukan proses/pengolahan data dengan merelasikan
dengan key dari tiap file yang ada sehingga dihasilkan informasi mahasiswa
(misal: Ani), mengambil matakuliah (misal: SIM), dosen pengampu (misal: Edhy
Sutanta)
5. Proses
Manajemen terdiri atas 3 tingkatan yaitu top level, middle level, dan low
level. Berikan penjelasan perbedaa apa saja yang diperlukan pada informasi
untuk masing-masing level tersebut pada Sistem Informasi Manajemen Perguruan
Tinggi
Jawab:
Top level manajemen adalah manjemen tingkat teratas dalam pengelompokkan level
manajemen system informasi yang menentukan rencana, tujuan serta kebijakan
terkait pengembangan perguruan tinggi yang mempunyai wewenang serta
tanggungjawab yang maksimal. Middle level manajemen merupakan tingkat menengah
dalam pengelompokkan level manajemen sistem informasi yang memiliki pergerakan
sebagai operator, connector, dan accelator yang bergerak pada bidang-bidang
tertentu. Manajemen menengah ini bertanggungjawab atas pelaksanaan yang sudah
ditentukan oleh top manajemen. Low level manajemen merupakan manajemen tingkat
bawah dalam sistem informasi yang memiliki peranan penting sebagai generator
penggerak, penyuplai dan spirit serta memimpin para staff lain dalam
menjalankan tugas sesuai bidang masing-masing.
SOAL BAGIAN
KEDUA:
6. Terkait
kondisi Pandemi COVID-19, tuliskan ide Anda, system informasi seperti apa yang
semestinya dibutuhkan namun belum tersedia saat ini.
Jawab: Terkait kondisi
pandemi COVID-19 banyak aktivitas warga yang terhenti akibat diberlakukannya
social distanding bahkan PSBB. Karena hal tersebut, orang-orang yang berperan
sebagai kepala keluarga/pencari nafkah juga harus terpaksa berhenti dari
pekerjaannya, akibatnya kebutuhan sehari-hari mereka tidak bisa terpenuhi.
Peran pemerintah serta orang-orang yang berstatus ekonomi berkecukupan yang peduli
terhadap mereka yang terkena dampak dengan memberikan bantuan berupa sembako,
uang dan lain-lain, tetapi pemberian bantuan tersebut tidak merata karena
kurangnya informasi antara penerima dan pemberi bantuan. Oleh sebab itu,
menurut saya peran sistem informasi sangat penting disini. Contohnya, jika
pemerintah/organisasi/lembaga tertentu ingin memberikan bantuan, informasinya
harus terbuka dan bisa diakses oleh semua orang tanpa terkecuali agar bantuan
yang diberikan tepat sasaran. Misalnya informasi berupa jenis bantuan yang
diberikan apakah berupa uang (terakan nominalnya) atau sembako (jabarkan apasaja
jenisnya) untuk menghindari penyelewengan dana bantuan oleh pihak yang tidak
bertanggungjawab. Informasi lainnya seperti daftar penerima bantuan seandainya ada orang
yang belum terdaftar dan layak untuk menerima bantuan bisa kehalaman pengaduan
agar ditangani kembali oleh pihak pemberi bantuan. Hal ini berguna untuk
menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bersifat sangat fatal seperti
ada masyarakat yang meninggal karena kelaparan atau bahkan memilih bunuh diri
karena permasalahan perekonomian padahal ada banyak jenis bantuan yang
diberikan walaupun semua tidak dari pemerintah seperti penggalangan dari
influencer/organisasi/dan lain-lain (tadi malam saya nonton video story wa
temen tentang satu keluarga yang bunuh diri karena kelaparan, kan sedihh :((
7. Terkait
kondisi Pandemi COVID-19, tuliskan kegiatan/aktivitas/peran apa saja yang telah
Anda lakukan.
Jawab:
kegiatan/aktivitas/peran yang telah saya lakukan selama pandemi COVID-19 adalah
dengan menaati aturan pemerintah agar selalu stay at home dan menjalankan
karantina sesuai ketentuan yang berlaku karena saya mudik dan termasuk ODP
sampai dinyatakan selesai karantina oleh pihak puskesmas, keluar rumah kalau ada keperluan yang sangat penting aja
yang pasti menggunakan masker, dan mengingatkan orang-orang agar selalu waspada
terutama orang terdekat seperti keluarga dan tetangga.

Komentar
Posting Komentar